MANAJEMEN KONFLIK DALAM SEBUAH ORGANISASI

MANAJEMEN KONFLIK DALAM SEBUAH ORGANISASI

  • Jefri Heridiansyah

Abstract

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan interpretasi. Dalam sebuah organisai, pekerjaan individual maupun sekelompok pekerja saling terkait dengan pekerjaan pihak-pihak lain. Ketika suatu konflik muncul di dalam sebuah organisasi, penyebabnya selalu diidentifikasikan sebagai komunikasi yang kurang baik. Demikian pula ketika suatu keputusan yang buruk dihasilkan, komunikasi yang tidak efektif selalu menjadi kambing hitam. Konflik    tidak senantiasa    merugikan     tetapi     juga dapat menguntungkan          dalam      jangka       panjang. Sedangkan       menurut pandangan interactionist     mengatakan     bahwa    konflik   justru  merupakan sesuatu  yang  harus distimulasi,       sebab    konflik    dapat     mendorong  terjadinya  perubahan       dalam organisasi.  Konflik  dapat   mengubah   perilaku   dan  dapat menyadarkan pihak-pihak yang   berkonflik     atas   kesalahannya.   Kesadaran akan kesalahan  ini akan mampu meningkatkan   produktivitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-03
##“article.abstract”## viewed = 977 times
preview pdf 28-41 downloaded = 1320 times