PENTINGNYA KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN BAGI TENAGA PENGAJAR

PENTINGNYA KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN BAGI TENAGA PENGAJAR

  • Anastasia Lipursari
Keywords: kepemimpinan, pembelajaran, tenaga pengajar

Abstract

Tenaga pengajar  mempunyai tugas yang sangat penting di dalam melakukan proses pembelajaran harus mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan mampu mendampingi peserta didik dalam mempersiapkan masa depannya.

Dalam proses pembelajaran tidak selamanya berjalan mulus, sehingga tenaga pengajar selalu berusaha bagaimana materi pembelajaran  yang disampaikan  dapat dikuasai oleh peserta didik secara tuntas. Banyak hal yang mempengaruhi kesulitan tenaga pengajar dalam penyampaian materi  dikarenakan peserta didik bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berlainan. Ada tiga aspek yang membedakan mahasiswa yang satu dengan yang lainnya, yaitu aspek intelektual, psikologi dan biologis. Di samping itu keanekaragaman tujuan peserta didik dalam belajar juga mempengaruhi semangat, minat, dan daya juang mereka dalam proses pembelajaran.

Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang tenaga pengajar. Banyak model kepemimpinan yang dapat dianut dan diterapkan dalam berbagai organisasi/institusi, baik profit maupun nonprofit. Namun, model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di lembaga pendidikan adalah kepemimpinan pembelajaran.

Kepemimpinan pembelajaran yang kuat mendukung lembaga pendidikan  menjadi efektif. Kepemimpinan pembelajaran mencakup perilaku-perilaku tenaga pengajar dalam merumuskan dan mengkomunikasikan tujuan lembaga pendidikan, memantau, mendampingi, dan memberikan umpan balik dalam pembelajaran, membangun iklim akademik, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi dalam lembaga pendidikan.

Tujuan utama kepemimpinan pembelajaran adalah memberikan pelayanan prima kepada semua peserta didik agar mereka mampu mengembangkan potensinya untuk menghadapi masa depan yang belum diketahui dan sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat turbulen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
201-06-10