PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

  • Rahmi Yuliana
Keywords: komunikasi, budaya organisasi

Abstract

Komunikasi  dalam  organisasi  merupakan  pengiriman  serta  penerimaan  berbagai pesan organisasi baik di kelompok organisasi formal maupun informal.  Komunikasi formal merupakan jalur komunikasi resmi dengan rantai komando atau hungungan tugas dan tanggung jawab yang jabatannya dalam organisasi. Dalam organisasi terdapat visi, misi, budaya dan iklim organisasi yang sangat menentukan dalam perilaku organisasi tersebut. Meskipun semua organisasi memiliki karakteristik yang khas. Semua organisasi memiliki satu tujuan, satu struktur, proses untuk mengkoordinasi kegiatan dan orang-orang   yang melaksanakan peran-peran yang berbeda.

 

Struktur organisasi bias mempengaruhi perilaku individu dan kelompok dalam organanisasi, srtuktur organisasi dapat didefinisikan secara luas sebagai ciri-ciri organisasi yang  dapat  digunakan  untuk  mengendalikan  atau  membedakan  bagian-bagiannya Suatu organisasi dapat berkembang dipengaruhi oleh komunikasi. Setiap organisasi tentu memiliki visi,  misi,  budaya  organisasi,  motivasi  serta  norma  –  norma  yang  sangat  menentukan terhadap baik tidaknya suatu organisasi tersebut. Pada umumnya masalah komunikasi senantiasa   muncul   dalam   proses   pengorganisasian.   Komunikasi   mempunyai   andil membangun iklim organisasi, yang berdampak kepada membangun iklim organisasi, yaitu berdampak kepada membangun budaya organisasi yaitu nilai dan kepercayaan yang manjadi titik pusat organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-10-12