Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kecap Pedas ABC di Kota Semarang)

Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kecap Pedas ABC di Kota Semarang)

  • Jefri Heridiansyah
Keywords: advertising, brand awareness dan Keputusan Pembelian

Abstract

Persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan kecap menggunakan

berbagai strategi dan berusaha mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar  tetap  menjadi  pelanggannya.  Perusahaan  menyadari  dalam  persaingan yang semakin ketat dan untuk mencapai laba yang diharapkan serta mempertahankan kontinuitas perusahaan, maka perusahaan harus menciptakan sebuah strategi. Salah satu strategi yang berkembang adalah advertising, Untuk itulah perusahaan Kecap Pedas ABC menggunakan program advertising untuk meningkatkan brand awareness dan keputusan pembelian konsumennya.

Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa uji “t”, variabel advertising mempunyai  pengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  Keputusan  Pembelian (t hitung = 8.404> t tabel 1.984). Variabel brand awareness juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian  berdasarkan uji “t” dimana diperoleh nilai (t hitung  = 5.420 > t tabel  1.984). Pengujian pengaruh variabel bebas secara bersama-sama menunjukkan bahwa secara simultan advertising   dan   brand   awareness   mempunyai   pengaruh   yang   positif   dan signifikan  terhadap  Keputusan  Pembelian  kecap  pedas  ABC  diperoleh  nilai (F hitung = 131.831 > F tabel 3.09). Dari hasil perhitungan regresi dapat diketahui

koefisien determinasi (adjusted   R2) pada penelitian ini sebesar 0.731. Dengan

demikian  Keputusan Pembelian Kecap Pedas ABC dipengaruhi oleh Advertising dan Brand awareness sebesar 73.1 %, sedangkan sisanya yaitu 26.9 % Keputusan Pembelian Kecap Pedas ABC dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Dari hasil penelitian tersebut hendaknya Kecap Pedas ABC lebih meningkatkan program advertising dengan program yang lebih menarik dan menggunakan media yang lebih tepat guna meningkatkan brand awareness agar keputusan pembelian konsumen terhadap Kecap pedas ABC semakin meningkat. Selain itu, Perusahaan Kecap Pedas ABC sebaiknya mempertimbangkan sarana promosi  lainnya  di  samping  advertising  agar  kinerja  dan  tujuan  perusahaan dapat tercapai dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-06-12
##“article.abstract”## viewed = 357 times
preview pdf 53-73 downloaded = 363 times