ANALISIS PERBEDAAN MODEL ALTMAN Z SCORE DAN MODEL SPRINGATE DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI INDONESIA

  • eNDANG pURWANTI
Keywords: Kebangkrutan, model Altman Zscore, model Springate

Abstract

Krisis perekonomian global yang terjadi mengakibatkan bisnis tambang mengalami penurunan keuntungan, dikarenakan adanya penurunan permintaan yang membawa dampak pada penurunan  harga. Melihat kondisi bisnis tambang  saat ini yang terjadi,  perusahaan   dihadapankan pada  resiko kebangkrutan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prediksi kebangkrutan menggunakan model Altman Z Score dan Springate pada Perusahaan Pertambangan di Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2010 -2014. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentuken ada empat perusahaan pertambangan yang dijadikan sampel. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda Paired T Test. Hasil uji hipotesis  menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model analisis prediksi kebangkrutan  model Altman Z Score dan Springate.

 Dengan menggunakan  model  Altman dari empat perusahaan  hanya ada satu perusahaan yang diprediksi bangkrut, sedangkan yang tiga  perusahaan diprediksi tidak bangkrut , dengan menggunakan model Springate dari empat perusahaan ada dua perusahaan yang prediksi bangkrut, sedangkan yang dua perusahaan diprediksi tidak bangkrut .

Perbedaan hasil analisis tersebut disebabkan adanya perbedaan variabel yang digunakan model Altman Z Score dengan lima variabel dan Springate menggunakan empat variabel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-06-07
##“article.abstract”## viewed = 93 times
preview pdf downloaded = 0 times