MEWUJUDKAN PENINGKATAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA MELALUI PERAN KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI, PERENCANAAN ANGGARAN, DIKLAT DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN

  • Mulyanto Mulyanto
Keywords: kepemimpinan, kompetensi, perencanaan anggaran, diklat lingkungan kerja motivasi, disiplin dan Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, Perencanaan Anggaran, Diklat Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi, Disiplin Dan Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Pemerintahan Kota Surakarta). Penelitian ini merupakan penelitian dengan sensus. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel seluruh populasi sebanyak 279 responden.

Penelitian ini menggunakan alat analisis berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji linieritas, analisa jalur, analisa regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan teknik one shot methods mendapatkan hasil yaitu seluruh item dinyatakan valid dan reliabel.

Hasil Uji t menunjukan bahwa kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi; kompetensi berpengaruh signifikan terhadap motivasi; perencanaan anggaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi; diklat berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi; lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi, kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan terhadap disiplin; kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap disiplin; perencanaan anggaran berpengaruh signifikan terhadap disiplin; diklat berpengaruh tidak signifikan terhadap disiplin; lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap disiplin, kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja; kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja; perencanaan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja; diklat berpengaruh signifikan terhadap kinerja; lingkungan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja; motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja; disiplin berpengaruh signifikan terhadap kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-01
Section
Articles