Kontribusi minat berwirausaha dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di ERA Revolusi Industri 4.0

  • Silvia Hendrayanti
  • Wachidah Fauziyanti
Keywords: Kesiapan berwirausaha, Efikasi diri, Minat berwirausaha

Abstract

Fenomena rendahnya minat dan motivasi pemuda Indonesia untuk berwirausaha menjadi pemikiran serius berbagai pihak, baik pemerintah, dunia pendidikan, dunia industri, maupun masyarakat. Tantangan lain dari dampak era informasi global, peran manusia sudah tergeserkan oleh teknologi, ini merupakan permasalahan juga dari revolusi industri yang secara fundamental akan mengubah cara kerja, bekerja dan berhubungan satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi minat berwirausaha dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 mahasiswa fakultas ekonomi di Semarang.

Populasi yang akan digunakan sebagai penelitian adalah mahasiswa fakultas ekonomi perguruan tinggi di Semarang yang sudah menempuh matakuliah kewirausahaan.Dalam penelitian ini peneliti akan mengambil 97 sampel responden dari mahasiswa fakultas ekonomi

perguruan tinggi di Semarang. Daam penelitian ini alat analisis yang digunakan yaitu Structure Equation Models (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dengan nilai koefisien sebesar 0,309 dan nilai t- value sebesar 4,049. Artinya, pengaruh minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 30,9%. Indikator sociological adalah indikator yang paling besar mencerminkan minat berwirausaha. Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dengan nilai koefisien sebesar 0,655 dan nilai t-value sebesar 9,360. Artinya, pengaruh self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha 65,5%. Indikator yakin dapat menyelesaikan tugas yang memiliki range yang luas ataupun sempit (spesifik) adalah indikator yang paling besar mencerminkan self efficacy.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-01
Section
Articles