PERAN INTELEKTUAL CAPITAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA KOPERASI JASA SYARIAH KOTA SEMARANG

  • Arini Novandalina
  • Rokhmad Budiyono
Keywords: Human Capital, Structural Capital, Modal Sosial, Kinerja Koperasi

Abstract

Koperasi jasa keuangan Syariah adalah Lembaga Keuangan mikro yang dalam pengoperasiannya menggunakan prinsip-prinsip ekonomi Syariah yaitu dengan kesepakatan bagi hasil. Koperasi jasa keuangan Syariah sama dengan tujuan koperasi pada umumnya yaitu meningkatkan perekonomian dan mengembangkan bisnis usaha mikro dan menengah dalam rangka mengangkat harkat dan martabat kaum kecil dan menengah.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Human Capital, Structural Capital dan Modal Social terhadap Kinerja Koperasi Jasa Syariah Kota Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi 35 karyawan Koperasi Jasa Syariah Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus sebanyak 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan onservasi, kuesioner dan Uji instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi degan menggunakan program Software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Human Capital berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Koperai di Koperasi Jasa Syariah Kota Semarang dengan hasil t hitung (2,136) > t tabel (2,036)

Structural Capital berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Koperasi Jasa Syariah Kota Semarang dengan hasil t hitung (2,410) , t tabel (2,036) dan Modal Social berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Koperasi Jasa Syariah Kota Semarang dengan hasil t hitung (2,354) > t tabel (2,036).

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan organisasi Koperasi Jasa Syariah Kota Semarang lebih banyak lagi perhatian untuk Human Capital, Struktur Capital, Modal Sosial dan Kinerja Koperasi tersebut

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-01
Section
Articles