ANALISIS INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TOKO KUE DI AMBARAWA ( STUDI KASUS TOKO ROTI WELLDONE )

  • Fidyah Yuli Ernawati
  • Sarbullah Sarbullah
  • Zulkifli Zulkifli
Keywords: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Kualitas Layanan

Abstract

Untuk memenangkan kompetisi ini, perusahaan harus mampu memperhatikan pelanggan dan kemampuan pesaingnya sehingga dapat mengkoordinasikan dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan kinerja pemasaran dalam mencapai keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran produk kue di Toko Roti Welldone Ambarawa, 2) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kue di Toko Roti Welldone Ambarawa, 3) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kue di Toko Roti Welldone Ambarawa.

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu pembeli dari Toko Roti Welldone di Ambarawa yang dimana jumlah pembeli tidak dapat diketahui. Jumlah Sampel yang diambil dari penelitian ini sejumlah 78 pembeli. Variabel dalam penelitian ini adalah inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan. Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian kepustakaan , dokumentasi, angket (hasil penyebaran kuesioner). Metode analisis: Uji Validitas, Uji Reliabilitas , Uji Asumsi Klasik. Analisis uji regresi linear berganda, Uji t, Uji F , dan Uji determinasi (R2).

Hasil uji t dapat diketahui jika variabel inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan variabel orientasi pasar dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji F menunjukkan jika variabel inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil uji determinasi atau R2 pada penelitian ini adalah 0,387 atau 38%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase pengaruh independen (X1= Inovasi Produk, X2= Orientasi Pasar dan X3= Kualitas Layanan ) terhadap varibel dependen (Y= Kinerja Pemasaran) sebesar 38%. Sedangkan sisanya adalah 62% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini semisal yaitu kualitas produk, orientasi kewirausahaan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa orientasi pasar dan kualitas layanan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di Toko Roti Welldone Ambarawa. Saran yang di peroleh dari penelitian ini yaitu supaya pemilik toko lebih memperhatikan tentang inovasi , orientasi pasar , dan kualitas layanan untuk kemajuan atau meningkatkan daya tarik konsumen toko roti tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-01
Section
Articles