ANALISA PENGARUH KEPUASAN KERJA, STRESS KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION (STUDI PADA PT. DUTA SERVICE SEMARANG)

  • Rokhmad Budiyono
  • Titik . Haryati
Keywords: Kepuasan Kerja, Stress Kerja, Komitmen Organisasi dan Turnover Intention.

Abstract

Tingkat turnover yang tinggi mengakibatkan perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk rekrutman hingga mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas. Sebagai upaya untuk menekan terjadinya turnover pegawai, harus dimulai dari upaya perusahaan untuk menekan keinginan pegawai  berpindah ke prusahaan lain. (turnover intention).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Kepuasan Kerja, Stress Kerja, Komitmen Organisasi, dan Kepemimpinan terhadap Turnover Intention pada PT. Duta Service Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Duta Service Semarang yang berjumlah 33 orang  yang terletak di Puri Anjasmoro Blok D1 No. 1 Kelurahan Tawangsari Kota Semarang. Sampel yang dipilih dalam penelitian menggunakan metode sensus sehingga diperoleh sebanyak 33 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi berpengaruh negatif signifikan terhadap Turnover Intention. Stress Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Turnover Intention. Angka koefisien determinasi (Adjusted R Square) dalam penelitian ini adalah sebesar 0,698. Dengan demikian maka variabel Kepuasan Kerja, Stress Kerja, dan Komitmen Organisasi mempunyai peranan 69,8% secara bersama-sama untuk dapat menjelaskan atau menerangkan variabel Turnover Intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-02-15
##“article.abstract”## viewed = 476 times
preview pdf downloaded = 605 times