ETIKA KOMUNIKASI KANTOR DAN IMPLENTASINYA BAGI SEKRETARIS

  • V Naniek Risnawati
Keywords: etika komunikasi; sekretaris

Abstract

Dalam kehidupan manusia komunikasi merupakan kebutuhan yang mendasari terjalinnya ikatan antar manusia baik dalam masyarakat primitive maupun yang sudah maju, demikian juga posisi sekretaris yang membawa citra  perusahaan harus memperhatikan etika dalam koordinasi kerja secara optimal, serta mampu menyelaraskan hubungan kerja dengan pimpinan, bawahan maupun anggota organisasi lainnya.     

             Beberapa factor pendukung terwujudnya   komunikasi yang efektif   bagi sekretaris menurut Wursanto 1989, dikenal “The seven c’s communication”: Credibility/ kepercayaan, Context (perhubungan),Content (kepuasan),Clarity (kejelasan) berita/pesan, Continuity and Consistency, Capability of Audience (kemampuan pihak penerima berita) serta Channels of Distribution. Faktor penghambat dalam berkomunikasi 1) lingkungan fisik : posisi  geografis , 2) lingkungan sosial budaya meliputi bahasa , kepercayaan, adat-istiadat, 3)  lingkungan psikologi:  ucapan tertentu, keaktualan  materi dan ketepatan materi, 4) dimensi waktu. Upaya mengatasi hambatan komunikasi Triwidodo. 2002. Sekretaris harus mampu mengembangkan wawasan, menggunakan bahasa tubuh yang tepat,  menjaga jarak kontak mata dengan jarak bicara, rasa humor dan rasa empati.

           Etika komunikasi sangat bermanfaat bagi semua orang terlebih bagi  sekretaris  dalam menjalankan fungsinya di perusahaan yaitu membina hubungan yang harmonis di lingkungan internal maupun eksternal perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-10-20
##“article.abstract”## viewed = 159 times
preview pdf downloaded = 543 times