PENGARUH MANAJEMEN LABA, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2010

  • Marhamah Marhamah
Keywords: Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan.

Abstract

Marhamah, 2012. Pengaruh Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dan Nilai Perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2010.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian Ini juga menguji pengaruh Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaanmelalui Corporate Social Responsibility (CSR). Pengumpulan data dilakukan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari total populasi 151 perusahaan manufaktur, diperoleh 148 perusahaan yang melakukan Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) selama periode pengamatan dan kemudian diuji dengan path analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba tidah berpengaruh terhadap kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Hasil penelitian juga membuktikan bahwa manajemen laba dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) bukan merupakan variabel yang memediasi pengaruh manajemen laba terhadap nilai perusahaan. Namun Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan variabel yang memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa investor di Indonesia menyukai perusahaan yang melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) karena kelangsungan usaha (going concern) perusahaan tidak akan terganggu dan kegiatan operasional perusahaan akan berjalan lancar sehingga dapat mempengaruhi nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-10-20
##“article.abstract”## viewed = 106 times
preview pdf downloaded = 210 times