PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN KUALITAS APARATUR PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KOTA TUAL)

  • Daniel Kartika Adhi
  • Yohanes Suhardjo

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi penelitian yang dilakukan oleh Purwaniati Nugraheni dan Imam Subaweh (2008) yang berjudul Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Replikasi dilakukan dengan menambahkan variabel Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah sebagai variabel independen. Penelitian replikasi ini bertujuan untuk memperoleh bukti bahwa pengaruh penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap Kualitas Laporan Keuangan juga dipengaruhi secara langsung oleh Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah.

Obyek penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Tual. Sampel penelitian sebanyak 38 respoden. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data yang berhasil dikumpulkan  diolah menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS).

Dalam melakukan analisis data penelitian, digunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Hasil penelitian juga memberikan bukti bahwa Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Melalui uji F diketahui bahwa Penerapan SAP dan Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Adapun  koefisien determinasinya sebesar 0,957 yang berarti bahwa model regresi yang dibangun mampu menjelaskan sebesar 95,7% variabilitas Kualitas Laporan Keuangan.

Dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan moderasi antara penerapan SAP dan kualitas aparatur pemerintah daerah dalam pengaruhnya terhadap kualitas laporan keuangan. Hasil  uji interaksi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan moderasi antara penerapan SAP dan kualitas aparatur pemerintah daerah dalam pengaruhnya terhadap kualitas laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-20
##“article.abstract”## viewed = 4665 times
preview pdf downloaded = 5784 times