PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN ETIKA KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN ORGANIZATIONAL JUSTICE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Kasus Pada Pegawai Puskesmas di Kecamatan Guntur, Demak)

  • Sinar Hubtriyan Ade
  • Rokhmad . Budiyono
  • Sugiono . Sugiono
Keywords: keterlibatan kerja, etika kerja, keadilan organisasi, perilaku kewargaan organisasional.

Abstract

Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku kewargaan organisasional (OCB) kepada pegawai Puskesmas di Kabupaten Guntur Kabupaten Demak. Selain itu, masalah penelitian yang masih merupakan beberapa hasil perbedaan dari penelitian sebelumnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kewargaan organisasional (OCB) adalah variabel kerja keterlibatan dan etos kerja yang mencoba dibangun dengan keadilan organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan kerja dan etika kerja terhadap keadilan organisasional. Dan menganalisis pengaruh keterlibatan kerja, etos kerja, keadilan organisasi terhadap perilaku kewargaan organisasional.

Karena populasi digunakan sebagai keseluruhan staf puskesmas di Kabupaten Guntur Kabupaten Demak yang terdiri dari puskesmas Guntur Guntur I dan II yang berjumlah 102 orang. Teknik samplingnya adalah sensus. Sensus adalah teknik pengambilan sampel yang menggunakan populasi sampel karena populasinya relatif sedikit (Sugiyono, 2012). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 pegawai di Puskesmas Guntur di Kabupaten Demak. Peralatan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan dua tahap.

Hasil ini menunjukkan bahwa keterlibatan tenaga kerja secara signifikan mempengaruhi keadilan organisasional. Semakin tinggi keterlibatan tenaga kerja yang dipasok oleh keadilan organisasi dapat ditingkatkan. Etika kerja tidak berpengaruh pada keadilan organisasional. Keterlibatan kerja tidak berpengaruh pada perilaku kewargaan organisasional. Etika kerja berpengaruh signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasional. Keadilan organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasional. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa mediasi keadilan organisasi tidak dapat memediasi pengaruh antara keterlibatan kerja dan etika kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-03
##“article.abstract”## viewed = 151 times
preview pdf downloaded = 206 times