PENTINGNYA HUMAN RELATIONS BAGI SEKRETARIS

PENTINGNYA HUMAN RELATIONS BAGI SEKRETARIS

  • Naniek Risnawati
Keywords: Human Relations, Skretaris

Abstract

Human relations sebagai bentuk komunikasi persuasif  sangat dibutuhkan oleh sekretaris dalam upaya mengembangkan citra perusahaan, mengingat peran dan tanggung jawab sekretaris sebagai penghubung antara pimpinan dan bawahan di suatu organisasi. Onong  (2002) Human relations dalam arti sempit  merupakan komunikasi persuasive secara tatap muka untuk meningkatkan gairah kerja  sama yang produktif dan menimbulkan kepuasan kedua belah pihak. Oleh karena itu  komunikasi yang persuasif perlu diterapkan oleh sekretaris dalam rangka meminimalisir konflik atau masalah  yang terjadi dalam perusahaan, meningkatkan gairah kerja bagi karyawan serta dapat mewujudkan hubungan yang harmonis antara seseorang dengan orang lain secara manusiawi. antara pimpinan  dengan sekretaris, hubungan dengan sesama rekan kerja maupun dengan bawahan. Pengembangan hubungan kerja dalam organisasi dapat dilakukan  dengan memanfaatkan aspek-aspek komunikasi  antara pimpinan  dengan sekretaris,  dengan sesama rekan kerja maupun dengan bawahan baik dalam suasana formal maupun kekeluargaan. Sulistyani (2005)  tidak semua komunikasi dapat menimbulkan relations (hubungan) yang positif jika komunikator dan komunikan tidak mempunyai kesamaan persepsi, dan kesediaan untuk saling menanggapi, sehingga pesan yang ditangkap komunikan tidak mengalami perubahan sikap maupun melakukan suatu tindakan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-07-10