ANALISIS INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TOKO KUE DI AMBARAWA ( STUDI KASUS TOKO ROTI WELLDONE )
Abstract
Untuk memenangkan kompetisi ini, perusahaan harus mampu memperhatikan pelanggan dan kemampuan pesaingnya sehingga dapat mengkoordinasikan dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan kinerja pemasaran dalam mencapai keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran produk kue di Toko Roti Welldone Ambarawa, 2) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kue di Toko Roti Welldone Ambarawa, 3) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kue di Toko Roti Welldone Ambarawa.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu pembeli dari Toko Roti Welldone di Ambarawa yang dimana jumlah pembeli tidak dapat diketahui. Jumlah Sampel yang diambil dari penelitian ini sejumlah 78 pembeli. Variabel dalam penelitian ini adalah inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan. Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian kepustakaan , dokumentasi, angket (hasil penyebaran kuesioner). Metode analisis: Uji Validitas, Uji Reliabilitas , Uji Asumsi Klasik. Analisis uji regresi linear berganda, Uji t, Uji F , dan Uji determinasi (R2).
Hasil uji t dapat diketahui jika variabel inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan variabel orientasi pasar dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji F menunjukkan jika variabel inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil uji determinasi atau R2 pada penelitian ini adalah 0,387 atau 38%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase pengaruh independen (X1= Inovasi Produk, X2= Orientasi Pasar dan X3= Kualitas Layanan ) terhadap varibel dependen (Y= Kinerja Pemasaran) sebesar 38%. Sedangkan sisanya adalah 62% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini semisal yaitu kualitas produk, orientasi kewirausahaan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa orientasi pasar dan kualitas layanan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di Toko Roti Welldone Ambarawa. Saran yang di peroleh dari penelitian ini yaitu supaya pemilik toko lebih memperhatikan tentang inovasi , orientasi pasar , dan kualitas layanan untuk kemajuan atau meningkatkan daya tarik konsumen toko roti tersebut.
Downloads
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JSS's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JSS permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JSS on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Jurnal STIE SEMARANG).
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JSS will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JSS will only communicate with the corresponding author.
Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such extent as legally permissible, the author waives his or her right to collect royalties relative to the article in respect of any use of the article by JSS.
Miscellaneous
JSS will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JSS's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.