ANALISIS FRAUD PENTAGON TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT

  • Sri Wiranti
  • Marhamah Marhamah
  • Verani Ari Mardawati
Keywords: tekanan, peluang, rasionalisasi, arogansi, fraudulent financial statement

Abstract

Kecurangan laporan keuangan (Fraudulent Financial Statement) sering terjadi pada perusahaan terutama pada perusahaan-perushaan milik pemerintah. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kepentingan antara manajemen dengan pemerintah, dimana pemerintah menginginkan kondisi perusahaan yang baik-baik saja namun pihak manajemen tidak mencapai harapan yang diinginkan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan dan 

arogansi terhadap fraudulent financial statement pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI.

Populasi dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Sampel dalam penelitian ini menggunakan menggunakan metode Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 11 emiten. Variabel dalam penelitian ini adalah tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan dan arogansi dan fraudulent financial statement. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah poling data atau gabungan antara time series dan data cross section. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik.

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa variabel tekanan tidak berpengaruh signifikan terhadap fraudulent financial statement, Variabel peluang tidak berpengaruh signifikan terhadap fraudulent financial statement, Variabel rasionalisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Fraudulent Financial Statement, Variabel kemampuan berpengaruh signifikan terhadap fraudulent financial statement, Variabel arogansi tidak berpengaruh signifikan terhadap fraudulent financial statement.

Saran yang dapat berikan kepada investor dan calon investor, agar lebih berhati-hati dan teliti didalam menginvestasikan asetnya pada perusahaan yang tidak terdeteksi melakukan kecurangan. Bagi manajemen perusahaan (emiten), agar menjalankan kewajiban dan tugas-tugasnya sesuai dengan aturan yang ada dan berdasarkan kepentingan bersama bukan atas kepentingan pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-01
Section
Articles