THE EFFECTIVENESS OF THE TUMBASIN.ID APPLICATION DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN SEMARANG CITY

  • Zumrotun Nafiah
  • Yovita Mumpuni Hartarini sekolah tinggi ilmu ekonomi semarang
Keywords: efektivitas, aplikasi marketplace, pelanggan

Abstract

Penggunaan aplikasi seluler marketplace untuk jual beli barang secara online tersebar luas dan berkembang. Beberapa ulasan menemukan bahwa sebagian besar aplikasi ini tidak menampilkan bukti keefektifannya dan penelitian yang ada terutama dilakukan oleh individu dan institusi yang memiliki hubungan dengan aplikasi yang sedang diuji.  Akibatnya, diperlukan metode penelitian yang berbeda untuk dipertimbangkan. Di mana dengan penelitian efektivitas aplikasi marketplace untuk pelanggan pada masa pandemi covid-19. Aplikasi marketplace telah mampu memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli barang secara online, namun tidak berperan signifikan dalam kesukesan aplikasi marketplace bertahan lama dipakai oleh pembeli dan penjual barang. Banyak faktor yang berperan dalam kasus tersebut. Dalam usaha mengatasi ketidak mampuan aplikasi marketplace bertahan lama dipakai oleh pelanggannya, maka diusulkan penelitian mengenai efektivitas aplikasi tumbasin.id pada masa pandemi covid-19 di Kota Semarang. Tujuan penelitian adalah menghasilkan faktor-faktor atau variabel-variabel yang mempengaruhi efektivitas aplikasi tumbasin.id pada masa pandemi covid-19 di Kota Semarang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian cross sectional. Tempat penelitian di Kota Semarang. Waktu penelitian pada bulan Januari-Desember 2022. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi tumbasin.id di Kota Semarang pada tahun 2020 sampai dengan 2022 sebanyak 644 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sumber data primer yaitu kuesioner. Sumber data sekunder yaitu data aplikasi tumbasin.id. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dalam bentuk Google Form. Metode pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan aplikasi kuesioner google form. Pengumpulan data sekunder dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan Net Promoter Score (NPS).

Hasil penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas aplikasi tumbasin.id pada masa pandemi covid-19 di Kota Semarang yaitu kepuasan pelanggan dan rekomendasi pelanggan dengan hasil NPS skor kepuasan pelanggan tahun 2020 sebesar 11,65%, tahun 2021 sebesar 10,25%, tahun 2022 sebesar 12,58% dengan total NPS skor kepuasan pelanggan selama tahun 2020-2022 sebesar 34,47%. NPS skor rekomendasi pelanggan tahun 2020 sebesar 12,42%, tahun 2021 sebesar 12,11%, tahun 2022 sebesar 13,51% dengan total NPS skor rekomendasi pelanggan selama tahun 2020-2022 sebesar 38,04%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
Section
Articles