ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA BIMBEL AHE DI PATI

  • zulkifli zulkifli STIE Semarang
  • Arini Novandalina sekolah tinggi ilmu ekonomi semarang
  • fidyah yuli Ernawati sekolah tinggi ilmu ekonomi semarang
Keywords: Profitabilitas, Leverage, Catatan audit internal, Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan pada Bimbel Ahe di Pati. Rasio keuangan adalah salah satu cara untuk menilai ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan Bimbel Ahe Pati untuk periode waktu 2016 – 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bimbel AHE di Pati. Variabel independen penelitian ini profitabilitas diukur dengan return on assets (ROA), Leverage di ukur dengan debt assets ratio (DAR) dan catatan audit internal. Sedangkan variabel dependennya adalah ketepatan waktu pelaporan keuangan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik analisis dengan regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukan variabel profitabilitas dalam penelitian ini adalah return on assets (ROA) menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 109,722 dengan nilai sig. sebesar 0,626 di atas signifikansi 0,05 (5%), dengan demikian terbukti bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyajian laporan keuangan, variabel leverage dalam penelitian ini adalah debt to asset ratio (DAR) menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar -1,015 dengan nilai sig. sebesar 0,912 di atas signifikansi 0,05 (5%), dengan demikian terbukti bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyajian laporan keuangan dan variabel catatan audit internal dalam penelitian ini adalah pendapat akuntan publik atau auditor tentang laporan keuangan apakah qualified opinion atau wajar dengan pengecualian (WDP) dan unqualified opinion atau wajar tanpa pengecualian (WTP) menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 18,869 dengan nilai sig. sebesar 0,998 di atas signifikansi 0,05 (5%), dengan demikian terbukti bahwa catatan audit internal tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyajian laporan keuangan.

Bimbel Ahe diharapkan rasio – rasio profitabilitas, leverage serta catatan audit internal dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam menyelesaikan dan menyampaikan laporan keuangannya dengan tepat waktu karena penyelesaian laporan keuangan yang tepat waktu dapat memberikan kesan positif dan dapat menunjukkan kinerja perusahaan tersebut baik atau tidak serta apa yang telah dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan tersebut dan dapat untuk mengambil kebijakan ke depan. Dan karena dalam penelitian ini hanya menggunakan return on asset (ROA) untuk mengukur profitabilitas. Untuk itu, penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan proksi yang lain seperti return on equity (ROE), profit margin untuk mengukur profitabilitas. Sehingga, memungkinkan hasilnya akan signifikan berpengaruh terhadap ketepatan penyajian laporan keuangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
Section
Articles