ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PRODUK MINUMAN SUSU BEAR BRAND)

  • sarbullah123 sarbullah123
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Testimoni, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Era Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada Produk Minuman Susu Bear Brand). Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk susu Bear Brand di swalayan Adabaru Salatiga dengan menggunakan metode solvin yang berjumlah 66 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner.

Teknih pengumpulan data menggunakan studi , wawancara, kepustakaan dan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu keputusan pembelian dan variabel bebas penelitian ini adalah kualitas produk, harga, promosi dan testimoni. Selanjutnya, pengujian terhadap seluruh hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 25.0.

Berdasarkan analisis data menjukkan bahwa : (1) Ditemukan jika variabel Kualitas Produk (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Diketahui nilai Sig untuk pengaruh ( X1 ) terhadap ( Y) adalah sebesar 0,211 > 0.05 dan nilai thitung 1,262 < ttabel 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh (X1) terhadap (Y). (2) Harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) Diketahui nilai Sig untuk pengaruh ( X2 ) terhadap ( Y) adalah sebesar 0,913 > 0.05 dan nilai thitung -0,110 < ttabel 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh (X2) terhadap (Y). (3) Promosi (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) Diketahui nilai Sig untuk pengaruh ( X3 ) terhadap ( Y) adalah sebesar 0,043 < 0.05 dan nilai thitung 2,061> ttabel 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh (X3) terhadap (Y). (4) Testimoni (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Diketahui nilai Sig untuk pengaruh ( X4 ) terhadap ( Y) adalah sebesar 0,478 >0.05 dan nilai thitung 0,714 < ttabel 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh (X4) terhadap (Y).

Kualitas produk sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Pentingnya mengoptimalisasi harga yang terjangkau untuk dapat bersaing dalam pasar dagang. Promosi yang menarik dapat memikat para melanggan agar selalu menggunakan produk yang sama. Testimoni dengan cara penyampaian yang menarik dengan disampaikan secara relevan dengan keadaan produk untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-04
Section
Articles