Analisis Implementasi Pelayanan Prima Sekretaris SOD PT UT

  • Dinda Mandasari Universitas Negeri Jakarta
  • Christian Wiradendu Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sekretaris, pelayanan prima, kompetensi

Abstract

Abstract. Secretary is a profession that has duties in the field of office administration and is related to jobs that contain secrets, both state secrets and company secrets. Secretary is a job engaged in the service sector, therefore a secretary must be able to provide the best service to its customers so that these customers feel satisfied and get everything they need.

This study aims to determine the analysis of the implementation of excellent service by the secretary of the Sales Operation Division, PT United Tractors. The research uses a descriptive qualitative approach through observation and interview research methodologies.

The results showed that the implementation of excellent service by the secretary of the Sales Operation Division, PT United Tractors was in accordance with the concept of excellent service, namely ability, attitude, appearance, attention, action and accountability.

Keywords: Secretary, service excellent, competency  

Abstrak. Sekretaris merupakan profesi yang memiliki tugas dibidang administrasi perkantoran dan berhubungan dengan pekerjaan yang memiliki rahasia, baik rahasia negara maupun rahasia perusahaan. Sekretaris merupakan pekerjaan yang bergerak dibidang pelayanan, maka dari itu seorang sekretaris harus dapat memberikan layanan terbaik kepada para pelanggannya agar pelanggan tersebut merasa puas dan mendapatkan segala sesuatu yang mereka butuhkan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis implementasi pelayanan prima oleh sekretaris Sales Operation Division, PT United Tractors. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metodologi penelitian observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan prima yang dilakukan oleh sekretaris Sales Operation Division, PT United Tractors telah sesuai dengan konsep pelayanan prima yaitu ability, attitude, appearance, attention, action, dan accountability.

Kata Kunci: Sekretaris, pelayanan prima, kompetensi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barata AA. (2017). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta(ID): PT Elex Media
Komputindo
Ernawati, Ursula. 2004. Pedoman Lengkap Kesekretarisan untuk Sekretaris dan Calon
Sekretaris.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Firmansyah. (2016). Strategi Pelayanan Prima (SPP) Untuk Kepentingan Serta Kepuasan
Pelanggan dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4), 165
Gaol. CHR. J.L. (2015) Tugas Seorang Sekretaris. Jakarta: Kompas Gramedia Herlambang, Susatyo dan Bambang Heru Marwoto. 2014. Manajemen Kesekretariatan: Cara mudah memahami dan mengelola pekerjaan kesekretariatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Jaya, I.M., Wahyuni, L.M., & Rismayanti, A. (2017). PENERAPAN PELAYANAN
PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN GOLF PADA NIRWANA BALI GOLF CLUB.
Priansa DJ. (2017). Manajemen Sekretaris Dan Perkantoran Terampil dan Profesional.
Bandung(ID): CV Pustaka Setia.
Priansa, Donni Juni. 2014. Kesekretarisan: Profesional Berkompeten Cerdas Terampil dan
Melayani. Bandung: Alfabeta
Rahmayanty N. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung(ID): Graha Ilmu. Rusydi
M. 2017. Customer Excellence. Yogyakarta(ID): Gosyen Publishing.
Rusydi, M. (2017). Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Sujarweni, V.W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka
Baru Press
Widiawati, K. (2020). Analisis Implementasi Pelayanan Prima Sekretaris Perusahaan Bagi
Pelanggan Internal Pada Perum Jamkrindo Jakarta. Jurnal Administrasi Dan Kesekretariatan, 5(2), 144–161.
Widiawati, K., & Santoso, N. E. (2021). Implementasi Pelayanan Prima Resepsionis Pada Pt
Citra Heavy Industries. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 19(6), 19–32
Yatimah, Durotul. 2013. Kesekretarisan Modern dan Administrasi Perkantoran. Bandung:
CV. Pustaka Setia
Published
2023-10-28
Section
Articles