Widya ANALISIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN

  • Widya Ayu Ningsih Widya Ayu Ningsih Universitas PGRI Semarang
  • Ira Setiawati Universitas PGRI Seamarang
  • Rauly Sijabat Universitas PGRI Seamarang
Keywords: motivasi, lingkungan kerja, kepemimpinan, kinerja

Abstract

permasalahan yang terjadi dalam suatu perusahaan adalah kinerja karyawannya yang diartikan sebagai kesuksesan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Hal itu yang membuat tertarik peneliti untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan kerja, kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PDAM Kabupaten Brebes. Hipotesis penelitian ini H1 motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawn, H2 lingkungan berpengaruh terhadap kinerja, H3 kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Kabupaten Brebes, penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan sampel jenuh 93 responden. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis IBM SPSS Statistic Version 25 menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi, lingkungan kerja, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali. (2020). Transfor-motion: membentuk kepemimpinan efektif menuju sukses pribadi dan organisasi. Caremedia communication.
Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2008). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 10(2), 124-135.
Danthi, N. M. A. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap lingkungan kerja, motivasi kerja dan kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 4(1), 83-94.
Ginting, B. (2011). Hubungan budaya organisasi sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri Di Kota Binjai. Jurnal Tabularasa, 8(01), 61-72.
Indriyani, D. S., & Utami, H. N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Industri Kereta Api (Persero) Madiun-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Bisnis, 59(1).
Indriyani, M. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan umkm songket silungkang aina kota sawahlunto.
Juniantara, I. W., & Riana, I. G. (2015). Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan koperasi di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(9), 611-628.
Mashudi, m., tulhusnah, l., & pramesthi, r. A. (2022). Pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja aparatur sipil negara melalui disiplin kerja sebagai variabel intervening (studi pada dinas perhubungan situbondo). Jurnal mahasiswa entrepreneurship (jme), 1(1), 50-64.
Mulyadi, D., & Syafitri, A. (2015). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Bank BJB Syariah cabang Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 11(2).
Nurdin, n. (2017). Pengaruh kepemimpinan dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Jurnal lentera bisnis, 1(1), 104-125.
Pratama, Y. F., & Wismar’ein, D. (2018). Pengaruh pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1), 37-48.
PUTRI, M. M. (2022). Motivasi Kerja Pegawai Badan Keuangan Daerah Kabupaten Sukoharjo.
Prayudi, A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Rajawali Nusindo Cabang Medan. Jurnal Manajemen, 3(2), 20-27.
Raharjanto, b. (2020). Pengaruh motivasi kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja perawat (studi empiris pada rumah sakit umum daerah muntilan) (doctoral dissertation, skripsi, universitas muhammadiyah magelang).
Valianto, Y. D. H., & Yuniati, T. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan CV Sahabat Mandiri. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(8).
Wijayanti, R., & Meftahudin, M. (2016). Pengaruh kepemimpinan islami, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan lama kerja sebagai variabel moderating. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(3), 185-192
Published
2023-10-28
Section
Articles