PENERAPAN STRATEGI 7P MARKETING MIX PADA GROSIR KOSMETIK

  • Muhammad Nur Juniadi STMIK AMIKOM Surakarta
  • Nina Dewi Lashwaty STMIK AMIKOM Surakarta
  • Mursid Mursid STMIK AMIKOM Surakarta
Keywords: kosmetik, pemasaran, produk, harga, proses

Abstract

Penggunaan kosmetik yang meluas termasuk di Indonesia membuat banyak pihak mendirikan perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang produk terkait. Hal ini membuat persaingan semakin ketat. Marketer diharuskan untuk mengadopsi strategi pemasaran untuk memenangkan hati konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang banyak diadopsi oleh toko kosmetik termasuk Ivone Grosir Kosmetik adalah 7P marketing mix. Teknik Sampling Insidental diaplikasikan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Nilai Cronbach’s Alpha 0.887 menyatakan reliabilitas angket tinggi. Data yang diperoleh merupakan data primer. Variabel bebas terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, SDM, proses dan bukti fisik. Keputusan pembelian merupakan variabel terikat. Dari Uji Analisis Linier Berganda satu tahap diperoleh hasil bahwa variabel harga, bukti fisik, proses dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan yang lain berpengaruh negatif. Dari Uji F diketahui bahwa semua variabel bebas dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Berdasalkan hasil Uji t ditemukan pengaruh secara parsial dari variabel-variabel harga, bukti fisik dan proses terhadap variabel keputusan pembelian, sementara variabel yang lain tidak memiliki pengaruh parsial. Menurut Analisis Koefisien Determinasi diperoleh fakta bahwa variabel-variabel bebas yang dimasukkan ke dalam penelitian ini berpengaruh 57.2% terhadap variabel terikat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26–38. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248
Candra, D. T., & Yuliansyah, F. A. (2022). Membuat Brand Kosmetik dengan cara Maklon kosmetik. Hubisintek, 2(1), 612–615.
Devi, L. R., Susantiningrum, Akbarini, N. R., Kurniawati, D. Y., & Yudhistira, B. (2022). Analisis Marketing Mix 7P untuk Penciptaan Nilai Usaha Bidang Jasa pada Program Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.30395
Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP ( Jurnal Industri Dan Perkotaan ), 17(2), 6–13. https://doi.org/10.31258/jip.17.2.6-13
Dwimala, B., & Maimunah. (2020). Analisis Bauran Pemasaran untuk Mempengaruhi Permintaan Pasar dalam Memilih TK. STUDI MANAGERIA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 165–182.
Edyansyah, T. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Merek Oleh Konsumen Pada Produk Kosmetik Oriflame Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 9(1), 55–72.
Hamin, D. I., & Pongoliu, Y. I. (2022). Literasi Pemilihan Cosmetik Halal Bagi Gen Z Sebagai Peluang Bisnis di Era Digital ( Studi Kasus Pada Siswi Man 1 Kota Gorontalo ). Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 1(3), 74–85.
Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 261–270.
Izanah, A., & Widiartanto. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fisip Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 259–267. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28076
Novianti, Y., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. JURNAL ILMIAH MAKSITEK, 5(2), 35–46. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i2.4324
Rahayu, D. W. S. (2019). Efektifitas Promosi dalam Peningkatan Penjualan Produk Kosmetik di Kota Blitar. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 28–40.
Rakhmanita, A. (2019). STRATEGI PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR RUMAHAN. Jurnal AKRAB JUARA, 4(5), 248–257.
Risal, M., & Salju. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (4ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Studi Kasus Pada: Industri Kecil Pengolahan Rumput Laut Di Provinsi Sulawesi Selatan. Balance, 14(1), 1–18.
Rosha, Z., Wati, L., & Dharma, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Orang Tua dalam Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 32 Padang. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(3), 139–147.
Simarmata, A., Jocom, S. G., & Kaunang, R. (2022). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7p) Pada Black Cup Coffee Roaster Di Kota Manado. Agri-SosioEkonomi Unsrat, 18(3), 699–708. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v18i3.44693
Sutrisno, N. A.-R. R. A., Widodo, J., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rm Ayam Bakar Wong Solo Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 259–263. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8568
Tantri, A. P., & Widiastuti, T. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO KOSMETIK CANDRA SEMARANG (Some Factors That Influence Customer Satisfaction at Toko Kosmetik Candra Semarang). Fokus Ekonomi, 8(1), 60–71.
Published
2024-02-06