PENERAPAN STRATEGI 7P MARKETING MIX PADA GROSIR KOSMETIK
Abstract
Penggunaan kosmetik yang meluas termasuk di Indonesia membuat banyak pihak mendirikan perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang produk terkait. Hal ini membuat persaingan semakin ketat. Marketer diharuskan untuk mengadopsi strategi pemasaran untuk memenangkan hati konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang banyak diadopsi oleh toko kosmetik termasuk Ivone Grosir Kosmetik adalah 7P marketing mix. Teknik Sampling Insidental diaplikasikan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Nilai Cronbach’s Alpha 0.887 menyatakan reliabilitas angket tinggi. Data yang diperoleh merupakan data primer. Variabel bebas terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, SDM, proses dan bukti fisik. Keputusan pembelian merupakan variabel terikat. Dari Uji Analisis Linier Berganda satu tahap diperoleh hasil bahwa variabel harga, bukti fisik, proses dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan yang lain berpengaruh negatif. Dari Uji F diketahui bahwa semua variabel bebas dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Berdasalkan hasil Uji t ditemukan pengaruh secara parsial dari variabel-variabel harga, bukti fisik dan proses terhadap variabel keputusan pembelian, sementara variabel yang lain tidak memiliki pengaruh parsial. Menurut Analisis Koefisien Determinasi diperoleh fakta bahwa variabel-variabel bebas yang dimasukkan ke dalam penelitian ini berpengaruh 57.2% terhadap variabel terikat.
Downloads
References
Candra, D. T., & Yuliansyah, F. A. (2022). Membuat Brand Kosmetik dengan cara Maklon kosmetik. Hubisintek, 2(1), 612–615.
Devi, L. R., Susantiningrum, Akbarini, N. R., Kurniawati, D. Y., & Yudhistira, B. (2022). Analisis Marketing Mix 7P untuk Penciptaan Nilai Usaha Bidang Jasa pada Program Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.30395
Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP ( Jurnal Industri Dan Perkotaan ), 17(2), 6–13. https://doi.org/10.31258/jip.17.2.6-13
Dwimala, B., & Maimunah. (2020). Analisis Bauran Pemasaran untuk Mempengaruhi Permintaan Pasar dalam Memilih TK. STUDI MANAGERIA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 165–182.
Edyansyah, T. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Merek Oleh Konsumen Pada Produk Kosmetik Oriflame Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 9(1), 55–72.
Hamin, D. I., & Pongoliu, Y. I. (2022). Literasi Pemilihan Cosmetik Halal Bagi Gen Z Sebagai Peluang Bisnis di Era Digital ( Studi Kasus Pada Siswi Man 1 Kota Gorontalo ). Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 1(3), 74–85.
Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 261–270.
Izanah, A., & Widiartanto. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fisip Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 259–267. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28076
Novianti, Y., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. JURNAL ILMIAH MAKSITEK, 5(2), 35–46. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i2.4324
Rahayu, D. W. S. (2019). Efektifitas Promosi dalam Peningkatan Penjualan Produk Kosmetik di Kota Blitar. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 28–40.
Rakhmanita, A. (2019). STRATEGI PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR RUMAHAN. Jurnal AKRAB JUARA, 4(5), 248–257.
Risal, M., & Salju. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (4ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Studi Kasus Pada: Industri Kecil Pengolahan Rumput Laut Di Provinsi Sulawesi Selatan. Balance, 14(1), 1–18.
Rosha, Z., Wati, L., & Dharma, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Orang Tua dalam Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 32 Padang. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(3), 139–147.
Simarmata, A., Jocom, S. G., & Kaunang, R. (2022). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7p) Pada Black Cup Coffee Roaster Di Kota Manado. Agri-SosioEkonomi Unsrat, 18(3), 699–708. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v18i3.44693
Sutrisno, N. A.-R. R. A., Widodo, J., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rm Ayam Bakar Wong Solo Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 259–263. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8568
Tantri, A. P., & Widiastuti, T. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO KOSMETIK CANDRA SEMARANG (Some Factors That Influence Customer Satisfaction at Toko Kosmetik Candra Semarang). Fokus Ekonomi, 8(1), 60–71.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JSS's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JSS permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JSS on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Jurnal STIE SEMARANG).
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JSS will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JSS will only communicate with the corresponding author.
Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such extent as legally permissible, the author waives his or her right to collect royalties relative to the article in respect of any use of the article by JSS.
Miscellaneous
JSS will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JSS's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.