MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI PADA KONSUMEN PT. ALYA TOUR SEMARANG

  • Eko Sasono STIE SEMARANG
  • Sopi Sopi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Rizki Adi Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: kualitas layanan, persepsi harga, lokasi dan kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, persepsi harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di PT Alya Tour Semarang. Populasi penelitian ini adalah pelanggan pada PT Alya Tour yang berjumalh 815 orang dan sampel yang diambil 89 responden dengan menggunakan rumus slovin dengan teknik insindental. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefesien determinasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan, persepsi harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pihak PT Alya Tour hendaknya berusaha senantiasa memperhatikan tingkat harga yang ditetapkan dan membandingkan dengan harga pesaing, agar harga yang ditetapkan merupakan harga yang bersaing mengingat PT Alya Tour bukan merupakan satu-satunya perusahaan penyedia jasa tour dan travel yang berada di Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu Swastha, D. (2014). Manajemen pemasaran. Bpfe: Yogyakarta.
Firdiyansyah, I. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada warung gubrak KEPRI mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Bidang Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi). ISSN, 2598–8107.
Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2014). Quality management for organizational excellence. pearson Upper Saddle River, NJ.
Irawan, dan B. S. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketin, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Philip and Kevin Lane Keller (2015). Marketing Management,.
Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi; Edisi 3.
Mimi, S. A. (2015). Pengaruh harga, kualitas pelayanan, lokasi dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Ranch Market. Jurnal Ekonomi, 20(01), 89–102.
Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Pengguna Transportasi Go-Jek di Semarang. Journal of Management, 4(4).
Simamora, B. (2014). Pemasaran Strategik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20–32.
Tjiptono, F. (2015a). Principles of Total Quality Service. Yogyakarta: Andi, 8.
Tjiptono, F. (2015b). Strategi Pemasaran, edisi keempat. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.
Published
2024-06-24