FUNGSI ADMINISTRATIF DALAM MENDUKUNG PROFESIONALISME KARYAWAN DI ERA DIGITAL

  • V Naniek Risnawati ASM Santa Maria Semarang
  • AF Toni Suhartomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: administrative, digital era, excellent service

Abstract

Abstract. In the digital era, administrative functions have a crucial role in supporting employee professionalism, especially in the context of providing excellent service in the field of education. Efficient administration occurs when employees have quick and easy access to the information needed to deliver high-quality services in developing their institutions. Digitized administrative processes enable swift responses to problem-solving and enhance efficiency in service handling. Moreover, through the use of digital technology, information can be managed more effectively, allowing for greater service and more accurate needs fulfillment. Thus, advanced administrative functions in the digital era not only support employee professionalism but also serve as a key component in providing satisfactory customer service.

Keyword: administrative, digital era, excellent service

Abstraksi. Dalam era digital, fungsi administratif memiliki peran penting dalam mendukung profesionalisme karyawan, terutama dalam konteks pelayanan prima dalam bidang pendidikan. Administrasi yang efisien terjadi ketika karyawan memiliki akses yang cepat dan mudah terhadap informasi yang diperlukan untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi dalam mengembangkan lembaganya. Proses administratif yang terdigitalisasi memungkinkan respons yang cepat terhadap penyelesaian masalah dan meningkatkan efisiensi dalam penanganan layanan. Selain itu, melalui penggunaan teknologi digital, informasi dapat dikelola dengan lebih baik, memungkinkan layanan yang lebih besar dan pemenuhan kebutuhan yang lebih akurat. Dengan demikian, fungsi administratif yang canggih dalam era digital tidak hanya mendukung profesionalisme karyawan tetapi juga merupakan kunci dalam memberikan pelayanan prima yang memuaskan.

Kata kunci: administrasi, era digital, pelaynanan prima 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansoff I, Donnel EM. 1990. Implanting Strategic Management. Englewood Cliffs (NJ): Prentice Hall.
Benny A. Pribadi. 2017. Teknologi dan Media dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana
Budiana, I. 2021. Menjadi Guru Profesional di Era Digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2
Daryanto dan Ismanto S.. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Fakhrudin, F., Derriawan, D., & Tabroni, T. 2021. Strategi Bisnis Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Kapabilitas SDM, Inovasi dan Manajemen Perubahan Dimediasi Daya Saing Pada Jasa Konsultan Wahana Prakarsa Utama.
Hasibuan. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta : Bumi Aksara
Haris, A. R. (2016). Issues In Digital Era. Research Gate, 1–14.
Hartono, R., & Anshori, M., I. (2019). Peran Kerja Keras dan Kerja Cerdas Melalui Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawam Agent Asuransi.
Manser, Martin H. 1995. Oxford LEARNER’S POCKET DICTIONARY New Edition. Walton Street : Oxford University Press
Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah Madrasah.
Priansa Doni. 2014. Kesekretarisa Profesional Berkompeten Cerdas Terampil. Bandung: Alfabeta.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sedarmayanti. 2010. Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran Suatu Pengantar. Bandung: CV Mandar Maju.
Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Siagian Sondang. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta : Bumi Aksara
Triwidodo T. 2005. Pengembangan Kepribadian Sekretaris. Jakarta : PT Grasindo Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Undang-Undang No. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional
Wang CL, Ahmed PK. 2007. Dynamic capabilities: A review and research agenda Dynamic capabilities: A review and research agenda. International Journal of Management Reviews. 9(1):31-51.doi: 10.1111/j.1468-2370.2007.00201.
Zulkarnaen, Wildan, 2018. Manajemen dan Etika Perkantoran Praktik Pelayanan Prima.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2024-06-24