PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK GEMBLONG “MBAH MOEL” DI KOTA SALATIGA
Abstract
. Saat ini banyak perusahaan berkompetisi untuk menguasai pangsa pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Gemblong “Mbah Moel” di Kota Salatiga. Variabel independen Citra Merek (X1) Harga (X2), Promosi (X3) dan variabel dependen adalah Kepuasan Pelanggan (Y). Populasi penelitian ini adalan semua pelanggan Produk Gemblong “Mbah Moel” di Kota Salatiga yang tidak diketahui jumlahnya dan untuk sampel menggunakan teknik judgemental sampling diketahui sebesar 96 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuantitatif menggunakan kuesioner. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, uji Reliabilitas, dan uji Asumsi klasik. Untuk teknik analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan uji t, uji Kelayakan Model dan Koefisiensi Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan variabel Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Gemblong “Mbah Moel” di Kota Salatiga. Disarankan kepada pihak perusahaan untuk dapat lebih meningkatkan citra merek kepada pelanggan dengan cara memenuhi indikator yang ada dalam citra merek yang dibutuhkan pelanggan.
Downloads
References
A. Shimp. T, & Andrews, J. C. (2018). Advertising, Promotion and other spects of Integrated Marketing Communications (10th ed.). Cengage Learning.
Abdullah & Daryanto. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Alif Indra Waskita, 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Akbar Andhika. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Cafe Inspirasi Corner).
Anugrah Lihin Hastono, 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Dalam Kepuasan Pelanggan Air Minum dalam Kemasan (Amdk) Rivero di Bandar Lampung.
Arikunto, Suhadi. 2018. Panduan Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosda Karya.
Arianto, Nurmin dan Jefri Muhammad. 2018. Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Jurnal.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Aris Budiono, 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.
Atmanegara, Stivani Yanti dan Dwi Cahyono. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal.
Augusty, Ferdinand. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Budiman Marpaung. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Kopi di PT Karya Mitra Usaha.
Boone & Kurtz, 2020. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Brenda R. Leonardo. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat).
Consuegra, Molina, & Esteban, 2018. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyality: An Empirical Analysis in Service Sector. 16 (7), 459-468.
Davis, S. M. 2018. Brand Asset Management. California: Josey, Bass, Inc, Publishers.
Edi Komara. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan).
Endang Tjahjaningsih, 2018. Pengaruh Citra dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang).
Fuad, M, H Christine, Nurlela, Sugiarto,dan Paulus Y.E.F, 2006, Pengantar Bisnis, Erlangga, Jakarta
Gauzali Saydam, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource) Suatu Pendekatan Mikro, Djanbatan, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.
Gitosudormo, 2018. Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak. In Promosi (Vol. 5, Nomor November)
Hair,et al. 2019. A Primer on Partial Least Squares Equation Modeling (PLS-SEM) Edisi Kedua. Unites States of Amerika : SAGEnPublications,Inc.
Handi Irawan. 2018. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex Media Komputpindo, Jakarta.
Harman Malau. 2018. Manajemen Pemasaran, Alfabeta, Bandung.
Heryana, Ade. 2020. Hipotesis Penelitian. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Inggit Rahmawati. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan The Koffee Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Keller 2019. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2 Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, 2018. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Maholtra, Naresh K.2019. Riset pemasaran Pendekatan Terapan.Edisi Keempat. Jilid 1. Terjemahan oleh Soleh Rusyadi Maryam.2019.Jakarta Indeks Kelonpok Gramedia.
Maholtra, Naresh K.2019. Riset pemasaran Pendekatan Terapan.Edisi Keempat. Jilid 2. Terjemahan oleh Soleh Rusyadi Maryam.2019.jakarta Indeks Kelonpok Gramedia.
Manullang, M. dan Manuntun, P. 2018. Metode Penelitian: Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Mullins, Walker, Larreche, dan Boyd. 2018. Marketing Management: A Strategic, Decision Making Aproach. Edisi 6. Penerbit: McGraw-Hill. New York City.
Marpaung, Budiman. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di PT. Karya Mitra Usaha.
Mursid, M. 2019. Manajemen Pemasaran. Bumi Askara. Jakarta.
Nahdiyah Ulfa. 2023. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Miskah Komputer Majene.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Rambat Lupiyoadi. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Ridwan, 2023. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Cipta Karya Technology Makassar Xl home
Simamora, Bilson. 2019. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : gramedia Pustaka Utama.
Singgih Santoso. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen.
Soemanagara. 2019. Strategic Marketing Communication Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi, Cetakan ke 14, Alfhabeta, Bandung
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna V. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Swastha, B., & Irawan, T. 2017. Marketing Management Consumer Behavior Analysis 4th Edition. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono dan Chandra. 2018. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy. 2018. Pemasaran Jasa. Jakarta : Gramedia.
Tya Wildana Hapsari Lubis, 2022. Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel.
Wiyono, Gendro. 2018. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.
Wijaya, Hartadi, 2018. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk tan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha Yzf-R25 di Kota Cilegon.
Yani Dahlian. 2021. Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur di Jember.
Zulkarnain, 2020. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Dimoderasi Kepercayaan Pelanggan Produk Nu Skin di Kota Pekanbaru.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JSS's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JSS permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JSS on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Jurnal STIE SEMARANG).
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JSS will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JSS will only communicate with the corresponding author.
Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such extent as legally permissible, the author waives his or her right to collect royalties relative to the article in respect of any use of the article by JSS.
Miscellaneous
JSS will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JSS's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.