PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK GEMBLONG “MBAH MOEL” DI KOTA SALATIGA

  • Eko Sasono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Sopi Sopi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Septian Bagus Irian Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: Citra Merek, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

. Saat ini banyak perusahaan berkompetisi untuk menguasai pangsa pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Gemblong “Mbah Moel” di Kota Salatiga. Variabel independen Citra Merek (X1) Harga (X2), Promosi (X3) dan variabel dependen adalah Kepuasan Pelanggan (Y). Populasi penelitian ini adalan semua pelanggan Produk Gemblong “Mbah Moel” di Kota Salatiga yang tidak diketahui jumlahnya dan untuk sampel menggunakan teknik judgemental sampling diketahui sebesar 96 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuantitatif menggunakan kuesioner. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, uji Reliabilitas, dan uji Asumsi klasik. Untuk teknik analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan uji t, uji Kelayakan Model dan Koefisiensi Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan variabel Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Gemblong “Mbah Moel” di Kota Salatiga. Disarankan kepada pihak perusahaan untuk dapat lebih meningkatkan citra merek kepada pelanggan dengan cara memenuhi indikator yang ada dalam citra merek yang dibutuhkan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David. A. 2019. Managing Brand Equity, Capitalyzing on the Value of a Brand Name. New York: The Press.
A. Shimp. T, & Andrews, J. C. (2018). Advertising, Promotion and other spects of Integrated Marketing Communications (10th ed.). Cengage Learning.
Abdullah & Daryanto. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Alif Indra Waskita, 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Akbar Andhika. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Cafe Inspirasi Corner).
Anugrah Lihin Hastono, 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Dalam Kepuasan Pelanggan Air Minum dalam Kemasan (Amdk) Rivero di Bandar Lampung.
Arikunto, Suhadi. 2018. Panduan Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosda Karya.
Arianto, Nurmin dan Jefri Muhammad. 2018. Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Jurnal.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Aris Budiono, 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.
Atmanegara, Stivani Yanti dan Dwi Cahyono. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal.
Augusty, Ferdinand. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Budiman Marpaung. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Kopi di PT Karya Mitra Usaha.
Boone & Kurtz, 2020. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Brenda R. Leonardo. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat).
Consuegra, Molina, & Esteban, 2018. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyality: An Empirical Analysis in Service Sector. 16 (7), 459-468.
Davis, S. M. 2018. Brand Asset Management. California: Josey, Bass, Inc, Publishers.
Edi Komara. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan).
Endang Tjahjaningsih, 2018. Pengaruh Citra dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang).
Fuad, M, H Christine, Nurlela, Sugiarto,dan Paulus Y.E.F, 2006, Pengantar Bisnis, Erlangga, Jakarta

Gauzali Saydam, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource) Suatu Pendekatan Mikro, Djanbatan, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.
Gitosudormo, 2018. Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak. In Promosi (Vol. 5, Nomor November)
Hair,et al. 2019. A Primer on Partial Least Squares Equation Modeling (PLS-SEM) Edisi Kedua. Unites States of Amerika : SAGEnPublications,Inc.
Handi Irawan. 2018. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex Media Komputpindo, Jakarta.
Harman Malau. 2018. Manajemen Pemasaran, Alfabeta, Bandung.
Heryana, Ade. 2020. Hipotesis Penelitian. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Inggit Rahmawati. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan The Koffee Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Keller 2019. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2 Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, 2018. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Maholtra, Naresh K.2019. Riset pemasaran Pendekatan Terapan.Edisi Keempat. Jilid 1. Terjemahan oleh Soleh Rusyadi Maryam.2019.Jakarta Indeks Kelonpok Gramedia.
Maholtra, Naresh K.2019. Riset pemasaran Pendekatan Terapan.Edisi Keempat. Jilid 2. Terjemahan oleh Soleh Rusyadi Maryam.2019.jakarta Indeks Kelonpok Gramedia.
Manullang, M. dan Manuntun, P. 2018. Metode Penelitian: Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Mullins, Walker, Larreche, dan Boyd. 2018. Marketing Management: A Strategic, Decision Making Aproach. Edisi 6. Penerbit: McGraw-Hill. New York City.
Marpaung, Budiman. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di PT. Karya Mitra Usaha.
Mursid, M. 2019. Manajemen Pemasaran. Bumi Askara. Jakarta.

Nahdiyah Ulfa. 2023. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Miskah Komputer Majene.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Rambat Lupiyoadi. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Ridwan, 2023. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Cipta Karya Technology Makassar Xl home
Simamora, Bilson. 2019. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : gramedia Pustaka Utama.
Singgih Santoso. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen.
Soemanagara. 2019. Strategic Marketing Communication Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi, Cetakan ke 14, Alfhabeta, Bandung

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna V. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Swastha, B., & Irawan, T. 2017. Marketing Management Consumer Behavior Analysis 4th Edition. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono dan Chandra. 2018. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy. 2018. Pemasaran Jasa. Jakarta : Gramedia.
Tya Wildana Hapsari Lubis, 2022. Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel.
Wiyono, Gendro. 2018. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.
Wijaya, Hartadi, 2018. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk tan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha Yzf-R25 di Kota Cilegon.
Yani Dahlian. 2021. Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur di Jember.
Zulkarnain, 2020. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Dimoderasi Kepercayaan Pelanggan Produk Nu Skin di Kota Pekanbaru.
Published
2024-10-23