ANALISIS STRATEGI WORD OF MOUTH UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG
Abstract
Di tengah makin tingginya biaya media konvensional seperti iklan televisi dan iklan cetak, pemasar dapat melakukan aktivitas pemasaran lain yang pada dasarnya tetap mendorong peningkatan penjualan, salah satunya melalui strategi Word of Mouth (WOM). Definisi WOM adalah tindakan yang dapat memberikan alasan supaya semua orang lebih mudah dan lebih suka membicarakan produk anda. Jadi pemasaran dari mulut ke mulut yang sering dilihat disekitar masyarakat itulah yang disebut sebagai WOM. Pemasaran yang simple, tidak membutuhkan biaya besar namun efektifitasnya sangat besar. Apalagi dengan behaviour masyarakat Asia khususnya Indonesia yang suka berkumpul dan bersosialisasi untuk bercerita akan hal-hal yang mereka sukai dan alami.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah pertama untuk menganalisis pengaruh variabel bebas strategi berupa word of mouth yang terdiri dari dimensi talking (X1), promoting (X2) dan selling (X3) terhadap variabel terikat berupa keputusan pembelian (Y) pada konsumen shampoo Pantene di Kota Semarang. Kedua, menganalisis seberapa besar (signifikansi) pengaruh variabel-variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat. Ketiga menganalisis seberapa besar (signifikansi) pengaruh variabel-variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat.
Populasi dalam penelitian adalah konsumen shampoo Pantene di Kota Semarang yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Data diperoleh dari 100 responden yang dijadikan sampel dengan cara pengisian kuesioner. Untuk pembuktian hipotesis dan menarik kesimpulan, digunakan alat analisa regresi berganda, koefisien determinasi (R2), pengujian hipotesis secara parsial dengan T-test dan pengujian hipotesis secara simultan dengan F-test. Berdasarkan analisa regeresi berganda diketahui bahwa variabel-variabel bebas mempunyai pengaruh positif yang searah dengan variabel terikat. Selanjutnya hasil analisis data diperoleh nilai R2 sebesar 0,750. Ini dapat diartikan bahwa 75,0% variasi variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas. Sedangkan sisanya (25,0%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.
Hasil uji hipotesis baik parsial maupun simultan menunjukkan hasil analisis bahwa semuanya mendukung hipotesis Ha1 dan Ha2 yang diajukan yaitu strategi word of mouth yang terdiri dimensi talking (X1), promoting (X2) dan selling (X3) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian (Y) pada konsumen shampoo Pantene di Kota Semarang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen adalah baik dengan dimensi talking (X1) sebagai faktor yang paling mempengaruhinya.
Downloads
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JSS's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JSS permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JSS on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Jurnal STIE SEMARANG).
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JSS will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JSS will only communicate with the corresponding author.
Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such extent as legally permissible, the author waives his or her right to collect royalties relative to the article in respect of any use of the article by JSS.
Miscellaneous
JSS will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JSS's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.