LITERASI KEUANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA: TINJAUAN LITERATUR

  • Muhammad Distian Andi Hermawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Aprin Palembang Palembang
  • Debi Septiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Aprin Palembang Palembang
Keywords: Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Mahasiswa, Kajian Literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendalami mengenai literasi keuangan dan juga untuk melihat bagaimana dampaknya kepada perilaku keuangan mahasiswa dalam mengelola keuangan pribadinya. Penelitian ini mengunakan metode studi tinjauan dengan Pendekatan Literatur Review 9 Jurnal Artikel Ilmiah, ditemukan bahwa Literasi Keuangan memiliki pengaruh dan berdampak terhadap Perilaku keuangan mahasiswa, karena semakin baik pemahaman akan mengenai keuangan, maka mahasiswa tersebut akan tecermin dari cara mengelola dan mengatur keuangan pribadinya, termasuk dalam penggunaan pembayaran digital, dan menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022. Generasi Z memiliki presentasi literasi keuangan sebesar 47,88% dan generasi milenial sebesar 52,12%. Berdasarkan gender, perempuan memiliki indeks financial literacy sebesar 50, 33% lebih tinggi dibandingkan laki-laki sebesar 49.05%. Artinya bahwa generasi milenial memiliki kemampuan pengelolaan lebih baik  dibandingkan generasi  Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiandari, A. M., & Sos, S. (2023). Penerapan Literasi Keuangan Nas Media Pustaka. Diskhamarzaweny, D., Irwan, M. and Dewi, D.K. (2022) ‘Pengaruh Literasi Keuangan,
Sikap Keuangan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Kuantan Singingi’, Jurnal Ekonomi Al-Khitmah, 4(1), pp. 35–49. Available at: http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/KHITMAH/article/view/2514.
Erlangga, M.Y. and Krisnawati, A. (2020) ‘Pengaruh Fintech Payment Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa’, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 15(1), p. 53. Available at: https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.151.348.
Fatimah, N. and Susanti (2018) ‘Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, DanPendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas EkonomiUniversitas Muhammadiyah Gresik’, Pendidikan Akuntansi , 6, pp. 48– 57.
Keuangan, P.L., Hidup, G. and Baiturrahmah, D.A.N.U. (no date) ‘( STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI UNIVERSITAS BUNG HATTA , UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA ’, pp. 0–1.
Mahasiswa, K. and Kota, D.I. (2024) ‘Pengaruh literasi keuangan, fintech digital payment, dan gaya hidup terhadap perilaku konsutif mahasiswa di kota makassar’, 6(2), pp. 76–90.
Pradiningtyas, T.E. and Lukiastuti, F. (2019) ‘Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi’, Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 6(1), p. 96. Available at: https://doi.org/10.24252/minds.v6i1.9274.
Prayoga, Y. (2019) ‘Pengaruh Edukasi Dan Sosialisasi Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia Terhadap Motivasi Membeli Saham Di Galeri Investasi Universitas Labuhan Batu’, Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), pp. 137–144. Available at: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.1401.
Rahma, F.A. and Susanti, S. (2022) ‘Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), pp. 3236–3247. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2690.
Sakdiyah, L., Effendi, R. and Kustono, A.S. (2019) ‘Analisis Penerimaan Penggunaan E- Learning dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember’, e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 6(2), p.
120. Available at: https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11151.
Sugeng, B. (2017). Manajemen Keuangan. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.
Sari, D.A. (2017) ‘Financial Literacy among Indian Millennial Financial Literacy among Indian Millennial Generation and their Reflections on Financial Generation and their Reflections on Financial Behaviour and Attitude: An Explanatory Research’, MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 1(1), pp. 16–34. Available at: http://www.journal.stie- yppi.ac.id/index.php/BBM/article/view/14/14%0Ahttps://www.researchgate.net/ publication/320009228%0Awww.cnnindonesia.com,.
Sumarno (2023) ‘Pendampingan Peningkatan Pendapatan UMKM yang Terdampak Covid-19 melalui Perbaikan Pengelolaan Manajemen Keuangan dan Digital Marketing’, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), pp. 224–232. Available at: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i2.4021.
Published
2024-10-24