KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DIGITAL OLEH GENERASI Z: PERSPEKTIF DALAM KONTEKS APLIKASI SUBSCRIPTION VIDEO ON DEMAND (SVOD)

  • Annya Nur Wahda Inayah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Vinko Satrio Pekerti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: e-service quality, generasi z, harga, keputusan berlangganan, konten

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh preferensi Gen Z terkait konten, harga, dan e-service quality terhadap keputusan berlangganan layanan Subscription Video on Demand (SVOD). Gen Z, sebagai konsumen utama di era digital, memiliki kebebasan dalam memilih dan menyesuaikan layanan sesuai dengan preferensinya. Populasi penelitian ini adalah individu Gen Z (lahir 1997–2012) yang telah atau sedang menggunakan layanan SVOD. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih dengan metode non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menganalisis data dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan, sedangkan harga berpengaruh negatif dan signifikan. E-service quality, meskipun berpengaruh negatif, tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berlangganan. Secara simultan, ketiga variabel—konten, harga, dan e-service quality—memiliki pengaruh terhadap keputusan berlangganan layanan SVOD di kalangan Gen Z. Penelitian ini menyarankan untuk menambah variabel mediasi atau moderasi dalam penelitian selanjutnya, serta memperluas cakupan penelitian dengan membandingkan antara generasi yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. F., & Haryoko, U. B. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ALFAMART CABANG CIKOKOL TANGERANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4170
Andriyanty, R., & Wahab, D. (2019). Preferensi Konsumen Generasi Z terhadap Konsumsi Produk Dalam Negeri. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 280–296. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4694
Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108.
Bressolles, G., & Durrieu, F. (2011, June 9). Service quality, customer value and satisfaction relationship revisited for online wine websites. 6th AWBR International Conference.
Deaton, A., & Muellbauer, J. (1980). Economics and Consumer Behavior. Cambridge University Press.
Fernanda, M. R., & Hasbi, I. (2021). Determinan Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen Pada Pengguna Disney+ Hotstar Di Indonesia (studi Pada Pengguna Disney+ Hotstar Di Indonesia). E-Proceeding of Management, 8(4), 3378–3386.
Gunawan, P. (2022). Pengaruh Content Richness, Perceived Usefulness dan Perceived Price Terhadap Willingness to Subscribe Pada Layanan Platform Streaming WeTV Di Indonesia. Agora, 10(2).
Hasan, V. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Subscribe: Telaah Pada Layanan Video On Demand Netflix. Jurnal Manajemen, 9(1), 22–38. https://doi.org/10.31937/manajemen.v9i1.595
Herdiyani, Y., & Suyanto, A. (2023). Pengaruh Harga Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Netflix. E-Proceeding of Management, 10(2), 872–883.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. Pearson Education Limited.
Ladhari, R. (2010). Developing e-service quality scales: A literature review. Journal of Retailing and Consumer Services, 17(6), 464–477. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2010.06.003
Mahmud, A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Digital Dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 6(1), 258–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.921
Mambu, T. R., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2021). Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Tondano. Productivity, 2(1), 79–84.
Marela, A. N., & Alfansi, L. (2024). Understanding Gen Z’s Netflix usage in Indonesia: an Extended TAM perspective on willingness to subscribe. Manajemen Dan Bisnis, 23(1), 13. https://doi.org/10.24123/mabis.v23i1.738
Mitalia, M. (2023). PENGARUH HARGA DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAYANAN APLIKASI VIDIO. Jurnal DIALOGIKA : Manajemen Dan Administrasi, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i2.7568
Nomleni, A. B., Sakunab, M. M., Moda, F., Djuang. Gaudensius, & Fallo, A. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket.Com. ORGANIZE: Journal of Economics, Management and Finance, 2(2), 97–106. https://doi.org/10.58355/organize.v2i2.20
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy 9th Edition. Mc Graw-Hill.
Putranto, A. F., & Supriyono, S. (2023). The Effect of Brand Image and Price Perception on Netflix Video on Demand Subscription Decision. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATION RESEARCH STUDIES, 03(08). https://doi.org/10.55677/ijssers/V03I8Y2023-14
Refawanti, R. (2023). Pengaruh Harga Bundling Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Berlangganan Pada Layanan Subscription Video On Demand (Svod) Disney+ Hotstar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pertamina). https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/handle/123456789/10407
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior : Seventh Edition. Prentice-Hall International.
Simarmata. (2010). Rekayasa Web. Andi Offset.
Suharyono, S., & Astuti, A. S. (2020). The Impact of Brand Image, Product Quality, Price, and Promotion on Premium Plan Purchase Decisions on the Spotify Music Streaming App. FOCUS, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37010/fcs.v1i1.265
Supriyatna, Y. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PRODUK YAMAHA MIO DI KOTA CILEGON). Sains Manajemen, 6(1), 36–50. https://doi.org/10.30656/sm.v6i1.2097
Wahyudi, I. A. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION (STUDI PADA HOTEL OYO SURABAYA). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 25. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.9240
Published
2024-11-19