KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN KEAMANAN
Abstract
Abstraksi. Persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. begitu juga yang terjadi dengan Bengkel AC Nagara Batang saat ini terjadi, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keamanan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Bengkel AC Nagara Batang).
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bengkel AC Nagara Batang dari bulan Januari 2023 sampai bulan Juli 2023 yaitu sebanyak 1.656 pelanggan dan Metode Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang pegawai, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.335+ 0.515X1 +0.014X2 +0.462X3, Di mana variable Keunggulan Bersaing (Y), variabel Kualitas Pelayanan(X1), Lokasi X2), dan Keamanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan(X1) dan Keamanan (X3), secara signifikan berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing, sedangkan Lokasi (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Angka Adjusted R Square sebesar 0,759 menunjukkan bahwa
75,9 persen variabel Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 24,1 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Saran dari hasil penelitian ini adalah Bengkel AC Nagara Batang diharapkan dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan lagi Keunggulan Bersaing, dengan meningkatkan Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keamanan.
Downloads
References
Erina, Nila (2021) Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Listia Puji Rahayu (2022) Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap daya saing Belanja Online Dimasa Pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) Vol 3, No 3, Februari 2022, Hal 538−544.
Muhammad Pasha Nurfauzan (2020) Pengaruh Harga, Keamanan, dan Kemudahan Transaksi terhadap Daya Saing (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Halodoc Ditengah Kondisi Pandemi COVID-19). Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Musnaini, Musnaini (2011) Analisis Kualitas Layanan Konsumen Terhadap Keunggulan Bersaing Jasa Transportasi Darat Pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Kelas Argo. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan (2). pp. 1-10.
Mutia Tri Yuliyati (2022) Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Daya Saing pada Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin Cileungsi. Vol. 2 No. 2 (2022): HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings).
Ribut Muji Wahono (2022) Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/952
Syam, Saputra Abadi (2017) Pengaruh Inovasi Produk Dan Lokasi Usaha Terhadap Daya Saing Usaha Pada UKM Sentra Keripik Cimahi. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Suryadi (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Serta Kepuasan Konsumen Depo Peti Kemas PT. Kawasan Industri Makassar (Persero). Skripsi Unhas Makassar.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JSS's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JSS permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JSS on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Jurnal STIE SEMARANG).
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JSS will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JSS will only communicate with the corresponding author.
Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such extent as legally permissible, the author waives his or her right to collect royalties relative to the article in respect of any use of the article by JSS.
Miscellaneous
JSS will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JSS's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.