KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN KEAMANAN

  • Moh Tamrin STIE Semarang
  • Mochamad Arif Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Bayu Sapta Adi Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keamanan, Keunggulan Bersaing

Abstract

Abstraksi. Persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. begitu juga yang terjadi dengan Bengkel AC Nagara Batang saat ini terjadi, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keamanan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Bengkel AC Nagara Batang).
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bengkel AC Nagara Batang dari bulan Januari 2023 sampai bulan Juli 2023 yaitu sebanyak 1.656 pelanggan dan Metode Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang pegawai, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.335+ 0.515X1 +0.014X2 +0.462X3, Di mana variable Keunggulan Bersaing (Y), variabel Kualitas Pelayanan(X1), Lokasi X2), dan Keamanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan(X1) dan Keamanan (X3), secara signifikan berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing, sedangkan Lokasi (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Angka Adjusted R Square sebesar 0,759 menunjukkan bahwa

75,9 persen variabel Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 24,1 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Saran dari hasil penelitian ini adalah Bengkel AC Nagara Batang diharapkan dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan lagi Keunggulan Bersaing, dengan meningkatkan Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keamanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Khaeruddin Nurdin (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing Bisnis dan Kinerja Bisnis pada PT. Trans Jogja. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28519.
Erina, Nila (2021) Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Listia Puji Rahayu (2022) Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap daya saing Belanja Online Dimasa Pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) Vol 3, No 3, Februari 2022, Hal 538−544.
Muhammad Pasha Nurfauzan (2020) Pengaruh Harga, Keamanan, dan Kemudahan Transaksi terhadap Daya Saing (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Halodoc Ditengah Kondisi Pandemi COVID-19). Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Musnaini, Musnaini (2011) Analisis Kualitas Layanan Konsumen Terhadap Keunggulan Bersaing Jasa Transportasi Darat Pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Kelas Argo. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan (2). pp. 1-10.
Mutia Tri Yuliyati (2022) Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Daya Saing pada Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin Cileungsi. Vol. 2 No. 2 (2022): HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings).
Ribut Muji Wahono (2022) Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/952
Syam, Saputra Abadi (2017) Pengaruh Inovasi Produk Dan Lokasi Usaha Terhadap Daya Saing Usaha Pada UKM Sentra Keripik Cimahi. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Suryadi (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Serta Kepuasan Konsumen Depo Peti Kemas PT. Kawasan Industri Makassar (Persero). Skripsi Unhas Makassar.
Published
2025-02-17