PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, BROWSING DAN GAYA BELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI-ECOMMERCE SHOPEE

  • Eko Sasono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Sopi sopi
  • Anggoro Ning Tyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: motivasi hedonis, browsing, gaya belanja dan pembelian impulsif

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi hedonis, browsing, dan gaya belanja terhadap pembelian impulsif pada e-commerce Shopee di kalangan mahasiswa STIE Semarang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis survei, penelitian ini melibatkan 68 responden yang dipilih menggunakan rumus Lameshow. Variabel independennya adalah motivasi hedonis, browsing, dan gaya belanja, sedangkan variabel dependennya adalah pembelian impulsif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, uji validitas, dan uji reliabilitas, dengan analisis dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 23, termasuk uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Temuan menunjukkan bahwa motivasi hedonis (t = 2,152, p = 0,003), browsing (t = 2,321, p = 0,023), dan gaya belanja (t = 2,369, p = 0,021) semuanya memiliki efek positif yang signifikan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menyoroti peran motivasi pribadi dan perilaku belanja online dalam memengaruhi pembelian impulsif. Penelitian di masa mendatang sebaiknya mengkaji lebih jauh faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif, sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam, khususnya bagi mahasiswa STIE Semarang dan individu yang tertarik pada perilaku pembelian konsumen.

Kata kunci: motivasi hedonis, browsing, gaya belanja dan pembelian impulsif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Nurmala, Nugraheni, A. D. (2018. Oktober). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas.https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Spss IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra. 2017. Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme, Materialisme Terhada Gaya Belanja. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zakaria. 2018. The influence of online shopping motivation and product, browsing toward impulsive of online shopping motivation. Jurnal Manajemen Inovasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Alma, Buchari. 2001. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Amir, M. Taufiq. 2012. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali.
Fitriani, Desi dkk, 2013, Pengaruh Gaya Hidup dab Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee.
Rachmawati, Veronika, (2009), Hubungan antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, dan Perilaku Impulse Buying pada Konsumen Ritel, Majalah Ekonomi, No.2, pp. 192-209
Kosyu, Dayang Asning, Hidayat, Kadarisman dan Abdilah, Yusri, 2014 Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14, No.2
Lumintang, Fenny Felicia, 2012, Pengaruh Hedonic Motives terhadap Impulse Buying Melalui Browsing dan Shopping Lifestyle pada Online Shop, Jurnal Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Purba, Berta Desviani, Dewi, Citra Kusuma, 2014, Pengaruh Online Store Beliefs melalui Browsing terhadap Impulse Buying pada Toko Online, Journal Eproc.
Kosyu, Dayang Asning, Hidayat, Kadarisman dan Abdilah, Yusri, 2014 Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14, No.2
Gűltekin, B., dan Ȍzer L., 2012, The Influence of Hedonic Motives and Browsing on Impulse Buying, Journal of Economics and Behavioral Studies, Vol. 4, No. 3, pp. 180-189, Maret, (ISSN: 2220-6140)
Japarianto, E., dan Sugiharto S., 2011, Pengaruh Shopping Life Style dan fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, April: pp 32-41
Published
2025-06-27